Jusuf Kalla, Wakil Presiden yang memiliki ambisi tersembunyi untuk jadi Presiden.

Jusuf Kalla Bermanuver untuk Lakukan Kudeta (1)

By: Budi Santoso

Rangkaian peristiwa politik yang mengiring Pilkada DKI Jakarta, patut dimaknai sebagai sebuah perang tersembunyi elit-leit politik di Indonesia. Sejak para calon memndeklarasikan dirinya, pada Oktober 2016, sejak itu pula rancangan dan agenda politik tersembunyi dilakukan.

Salah satunya tentu mempolitisasi kesleo lidah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tentang surat Al Maida 51.  Pergerakan politik secara besar-besaran dengan memobilisasi ormas Islam bermunculan.

Banyak pihak menduga Susilo Bambang Yudhoyono dan Partai Demokrat, yang mendorong anaknya Agus Harimurti Yudhoyono untuk menjadi Cagub, adalah sponsor utama gerakan itu. Ada pula yang menduga jika Prabowo Subianto dan Partai Gerindra, yang mendukung pencalonan Anies Baswedan, juga mendukung gerakan itu.

Akan tetapi spekulasi itu tidak sepenuhnya benar. SBY hanya sedikit membantu lewat sekolah-sekolah dan masjid-masjid. Jumlahnya pun tak besar. Prabowo dan Gerindra hanya membantu sedikit juga dan memilih untuk menunggu, wait and see.

Namun ada satu pihak yang sebenarnya bergerilya secara besar-besaran. Hal ini sebenarnya sudah diungkapkan oleh pernyataan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Kader PDIP itu menyebut ada pihak yang berambisi jadi presiden.

Pihak tersebut terlibat dalam aksi demonstrasi besar di Jakarta Jumat 4 November 2016. Tudingan itu tentu mengarah ke elite istana presiden sendiri yakni ke Wapres, M. Jusuf Kalla. Saat itu Presiden Jokowi tidak memberi restu Wapres JK menemui demonstran. Namun JK ingin mencuri perhatian disitu.

Memang, Tjahjo tidak menyebut nama pihak yang disebut ingin menjadi presiden. Namun maneuver JK yang juga tokoh elite Dewan Masjid Indonesia.

Jokowi memang tersandera dengan ulah Ahok. Untuk itu, Jokowi Lebih mendekatkan diri ke TNI & Polri guna memastikan keamanan pemerintahannya. Faktor inilah yang dimanfaatkan oleh JK dengan Lebih mendekatkan diri ke ormas Islam.

Terbukti, beberapa tokoh ormas Islam pun seperti kompak bernyanyi mendeskreditkan Jokowi. Mereka seperti mendapatkan pesanan untuk mendelegitimas posisi Jokowi sebagai Presiden RI.  JK juga sudah memasang orang-orangnya di berbagai ormas Islam seperti NU, MUI, Muhammadiyah dan KAHMI, dan seterusnya.

Demo ormas Ilsam pada 4 November 2016 dimanfaatkan oleh Jusuf Kalla.

Demo ormas Ilsam pada 4 November 2016 dimanfaatkan oleh Jusuf Kalla.

“Saat hadapi demo  4 Nov  kemarin  Jokowi malah bermental tempe dan terlihat seperti presiden boneka,” kata Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat IMM, Beni Pramula.

‘’Saya melihat,Jokowi sudah krisis legitimasi dan tidak dipercaya rakyat (umat Islam ) lagi,’’ kata peneliti agama dan politik M.Nabil dari CSRC UIN Jakarta. Ahok dan Jokowi terseret permainan dagang para Taipan reklamasi yang kotor dan merusak dan menghancurkan legitimasi Jokowi karena kedekatannya dengan Ahok.

Langkah berikutnya, Wapres JK kemudian bertemu SBY . Selanjutnya JK juga sudah bermanuver ke kalangan Islam, seperti hadir di alumni KAMMI. JK menggunakan kartu truf Islam untuk naik jadi Presiden begitu Jokowi ambruk karena krisis legitimasi dan tekanan umat Islam.

‘’JK menanti bola muntah dari delegitimasi Jokowi, sehingga dengan lengsernya Jokowi nanti karena tekanan umat Islam, JK selaku Wapres bakal naik jadi Presiden, mirip model BJ Habibie pasca Soeharto dulu. JK ambisius jadi presiden dan Jokowi yang lemah, hanya kepengin jadi presiden tanpa kompetensi dan tanpa mengerti masalah sudah diambang kejatuhan akibat krisis legitimasi di mata hati umat Islam,’’ kata seorang tokoh senior GMNI.

JK sebelumnya juga sudah pernah memberikan sinyal kepada Partai Golkar saat dipimpin oleh Aburizal Bakrie untuk mengadakan gerakan menurunkan Jokowi pada tahun 2015. Alasannya Jokowi dianggap melanggar undang-undang. Namun Golkar bergeming dan tak mau meladeni permintaan JK. (bersambung)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kategori

Arsip Berita

Newsletter

Sumber berita yang hangat dan terpercaya bagi siapa saja yang menyukai teori konspirasi.

Jl. Asia Afrika no. 1 Jakarta

021 7777 8899

jusufkurdi@gmail.com

Kalender

April 2017
M T W T F S S
     
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
Back to Top